Pages

Jumat, 31 Oktober 2014

Hukum Berniat ketika Istinja

Hukum Berniat ketika Istinja
Pertanyaan;
Apakah ketika istinja seseorang wajib berniat sebagaimana berwudhu berdasarkan hadis;
إِنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ
“hanyasannya Semua perbuatan tergantung niatnya”
Jawaban;
Tidak wajib seseorang berniat ketika istinja. Namun disunahkan berniat ketika itu untuk mendapatkan pahala dari Allah. Perhatikan ta’bir berikut;
النية في التروك كترك الرياء وغيره من المنهي عنه. إن المقرر شرعاً: أن ترك المنهي عنه لا يحتاج إلى نية للخروج عن عهدة النهي، وإنما لحصول الثواب بأن كان كفّاً: وهو أن تدعوه النفس إليه، قادراً على فعله، فيكف نفسه عنه خوفاً من ربه، فهو مثاب، وإلا فلا ثواب على تركه، فلا يثاب على ترك الزنا وهو يصلي، ولا يثاب العنِّين (العاجز عن الجماع) على ترك الزنا، ولا الأعمى على ترك النظر المحرم.
وهناك أعمال في حكم التروك، لترددها بين أصلين: الأفعال من حيث إنها فعل، والتروك من حيث إنها قريبة منها، رجح الأكثرون عدم النية فيها، لمشابهة التروك، وذلك مثل إزالة النجاسة، ورد المغصوب والعواري، وإيصال الهدية وغير ذلك، فلا تتوقف صحتها على النية المصححة، لكن يتوقف الثواب فيها على نية التقرب.
Niat dalam perbuatan yang dituntut untuk ditinggalkan seperti meninggalkan riya atau perkara-perkara yang dilarang  (agama) Sebagaimana yang ditetapkan syara’. Meninggalkan perkara-perkara yang dilarang oleh agama tidak memerlukan niat. Namun apabila dimaksudkan untuk mendapatkan pahala maka perlu niat jika dalam pelaksanaannya ada proses menahan diri. Yaitu apabila nafsu mengajak melakukan perbuatan dosa, dan orang tersebut mampu melaksanakannya, namun ia menahan diri karena takut kepada Allah. Apabila ini yang terjadi, maka orang tersebut mendapat pahala. Apabila tidak ada proses semacam ini, maka orang yang meninggalkannya tidak mendapat pahala. Oleh sebab itu, orang yang meninggalkan perzinahan tidak mendapat pahala ketika ia sedang melakukan shalat. Orang yang tidak mampu berzina dan meninggalkan perzinahan juga tidak mendapat pahala. Orang yang buta dan dia tidak melihat yang diharamkan  juga tidak mendapat pahala.
Ada juga beberapa perbuatan yang berada di antara dua kutub; amal pelaksanaan (al-fi’il) dan meninggalkan (at-tarku). Namun hal ini ditetapkan sebagai perbuatan yang masuk kategori at-tarku, sehingga kebanyakan ulama menetapkan bahwa perbuatan tersebut tidak memerlukan niat. Dengan pertimbangan, ia sama dengan perbuatan at-tarku yang murni. Umpamanya adalah menghilangkan najis, mengembalikan barang yang di-ghasab, atau barang pinjaman dan menyampaikan hadiah. Sahnya perbuatan ini tidak memerlukan niat, namun penetapan pahala bagi perbuatan-perbuatan tersebut memerlukan niat mendekatkan diri kepada Allah Swt.

Kesimpulan
Istinja merupakan perbuatan yang termasuk dalam kategori menghilangkan najis. Oleh sebab itu, karena najis adalah sesuatu yang memang dituntut untuk dihilangkan maka tidak perlu berniat untuk mencapai sahnya instinja tersebut. Namun demikian jika menginginkan pahala maka ia harus berniat di dalam hati. Kaidah fikih menyebutkan;
لا ثواب إلا بنية
            “Tidak ada pahala kecuali dengan niat”
Wallahu’alam

0 komentar:

Posting Komentar